Pahami Kegunaan EFIN Pajak dan Cara Mendapatkan EFIN Online

Semakin berkembangnya teknologi semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara online. Salah satunya adalah mendapatkan nomor EFIN. Apakah Anda sudah tahu kata ini? Atau belum pernah dengar?

Pahami Kegunaan EFIN Pajak dan Cara Mendapatkan EFIN Online

Nomor EFIN memang belum banyak diketahui publik. Nomor EFIN Pajak seperti namanya jelas berkaitan erat dengan kegiatan perpajakan. Lebih khusus lagi EFIN menangani perpajakan atas akgivitas yang dilakukan secara online.

EFIN digunakan sebagai alat otentikasi sehingga setiap transaksi elektronik atau file SPT elektronik dapat dienkripsi untuk memastikan kerahasiaan. 

Apa itu nomor EFIN Pajak?

EFIN adalah singkatan dari Electronic Filing Identification Number. Pada dasarnya Nomor EFIN pajak adalah NPWP yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan melalui Direktorat Pajak (DJP).

Kehunaan Nomor EFIN diperuntukkan bagi Wajib Pajak yang melakukan transaksi perpajakan secara elektronik seperti pelaporan SPT melalui e-Filing elektronik dan pembuatan kode tagihan pajak atau SSE Pajak. Jadi bentuk EFIN sama dengan nomor NPWP.

BACA JUGAInfo Terbaru Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta 2022

Di masa lalu untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang berhubungan dengan pajak, Anda harus pergi ke kantor pajak untuk menangani semuanya. Ini jelas tidak efisien karena membuang waktu dan tenaga. Sekarang semuanya bisa dilakukan di rumah. Wajib Pajak dapat melakukan ini secara online menggunakan EFIN Pajak.

Kegunaan EFIN Pajak

Informasi pribadi kita dalam sistem perpajakan dapat menjadi tidak aman dengan munculnya teknologi. Ini adalah contoh dampak negatif teknologi jika digunakan oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab. 

Salah satu fungsi utama EFIN adalah perlindungan data. Anda memerlukan kata sandi yang Anda atur untuk mengakses nomor EFIN. Oleh karena itu, tidak ada yang dapat mengakses data Anda.

Kegunaan EFIN lainnya meliputi:

  • Sebagai alat otentikasi, memungkinkan setiap transaksi elektronik dalam SPT dikodekan untuk memastikan kerahasiaannya.
  • Wajib Pajak dapat mengakses sistem perpajakan online. Tidak perlu mengantri di kantor pajak untuk mengajukan SPT Tahunan Anda.
  • Untuk pelaporan pajak untuk tahun-tahun berikutnya. Jika Anda mengajukan pajak secara online data Anda sudah masuk ke sistem pajak. Anda bahkan tidak perlu mengulang input data dari awal untuk melihat pajak untuk tahun berikutnya.

Macam-maca Nomor EFIN Pajak

Menurut tujuannya EFIN dibagi menjadi 2 jenis, yaitu EFIN untuk wajib pajak badan atau perusahaan dan EFIN untuk wajib pajak orang pribadi.

  • EFIN Badan atau Perusahaan

    • EFIN perusahaan atau bisnis harus melaporkan semua jenis kewajiban pajak perusahaan termasuk:
      • Perseroan Terbatas (PT)
      • Perseroan lainnya
      • Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
      • Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
      • Bentuk Usaha Tetap (BUT)
      • Koperasi
      • Yayasan
      • Lembaga
      • Dana Pensiun
      • dan Badan lainnya.
    • Minta nomor EFIN perusahaan biasanya dari perwakilan yang ditunjuk perusahaan untuk mengunjungi kantor pajak (KPP) dimana tempat wajib pajak perusahaan terdaftar.
    • Syarat untuk mengajukan Pajak EFIN Perusahaan atau Badan:
      • Surat Kuasa yang diterbitkan oleh Unit Usaha Pengelola Pajak Perusahaan
      • Jika Anda Warga Negara Indonesia, siapkan KTP, sedangkan bagi Administrasi Warga Negara Asing (WNA) Paspor ,KTP, KITAS dan KITAP.
      • NPWP dan SKT atas nama pengurus
      • NPWP dan SKT atas nama wajib pajak badan
      • Alamat email valid yang digunakan untuk berkomunikasi dengan otoritas pajak.
    • Setelah no EFIN Anda dapatkan untuk suatu perusahaan (bisnis), harus dirahasiakan agar mencegah penggunaan yang tidak sah.
    • Daftar dan aktifkan nomor EFIN Pajak untuk badan usaha di aplikasi OnlinePajak. Seperti langkah berikut:
      • Masuk ke akun OnlinePajak
      • Pilih perusahaan yang ingin Anda daftarkan di EFIN
      • Klik e-Filing di menu pengaturan di bilah navigasi kiri dan masukkan EFIN Anda.

  • EFIN Pribadi

    • EFIN perorangan atau pribadi adalah nomor identifikasi yang diberikan kepada wajib pajak orang pribadi atau orang yang menjalankan fungsi serupa untuk tujuan pelaporan SPT Tahunan. Cara mendpatkan kode EFIN individu berbeda dari kode EFIN perusahaan, karena tidak dapat didelegasikan dan harus dikelola oleh wajib pajak sendiri.
    • Ketentuan untuk aktivasi EFIN pribadi dapat dipenuhi dengan dua cara:
      • Pertama dengan mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat wajib pajak terdaftar. Selanjutnya Wajib Pajak juga diwajibkan untuk memenuhi sejumlah dokumen asli dan fptocopy dan persyaratan seperti fotokopi KTP dan NPWP serta alamat email yang terdaftar.
      • Selanjutnya lakukan aktivasi EFIN pribadi secara online. Wajib Pajak cukup mengunjungi laman djponline.pajak.go.id dan Anda dapat mengikuti petunjuk yang diperlukan dengan benar dan lengkap.

Bagaimana cara mendapatkan nomor EFIN online?

Cara mengetahui nomor atau kode EFIN online lebih efisien dan efektif, karena bisa dilakukan dimana saja. Berikut cara mendapatkan no EFIN online pajak tanpa harus ke kantor pajak, cukup melalui email atau email.

  • Unduh dan lengkapi formulir untuk permintaan EFIN online sesuai dengan data Anda. Anda dapat menemukan formulir pada halaman https://pajak.go.id/id/formulir-permohonan-efin.
  • selfie dengan KTP dan NPWP. Pastikan nomor NIK dan NPWP Anda terlihat jelas di kamera karena petugas pajak akan memeriksanya.
  • Kirimkan formulir aplikasi EFIN online yang Anda isi sebelumnya dengan selfie ke alamat email KPP terdaftar Anda dengan subjek "Permintaan EFIN".
  • Cek alamat email KPP di website https://pajak.go.id/id/unit-kerja.
  • Tunggu balasan email dari KPP dengan nomor EFIN. Proses aplikasi ini biasanya memakan waktu tidak lebih dari 24 jam.
  • Setelah mendapatkan nomor EFIN Anda dapat langsung mengaktifkan EFIN.

Cara Daftar Nomor EFIN Secara Offline

Selain mendapatkan EFIN online Anda juga bisa mendapatkan EFIN offline. Caranya:

  • Kunjungi halaman situs web Pajak dan unduh formulir aplikasi EFIN Pajak. go.id/id/form-permohonan-efin.
  • Lengkapi semua dokumen dan persyaratan yang diperlukan antara lain:
    • Formulir aplikasi EFIN yang sudah diisi
    • Alamat email
    • Foto copy KTP dan KTP asli bagi WNI, atau KITAS/KITAP bagi WNA
    • Foto copy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan aslinya
  •  Pergi ke kantor pajak setempat dan serahkan formulir EFIN SPT.
  • Anda dapat mengaktifkan EFIN secara langsung.

Bagaimana jika Anda lupa nomor EFIN?

Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mengecek jika Anda lupa EFIN, dan belum mendaftar ke aplikasi pajak yang telah Anda gunakan selama lebih dari 30 hari:

  • Kunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).
  • Kunjungi situs web pajak resmi. Opsi kedua yang bisa Anda lakukan jika lupa EFIN adalah mengunjungi situs pajak.go.id. Logo Chat Pajak akan muncul di kanan bawah halaman.
  • Hubungi Call Center KringPajak. Anda bisa mendapatkan nomor EFIN dengan menghubungi Call Center Pajak di 1500200.

 

 

 

Comments